Tata Ruang Pengembangan Ternak Kerbau Sebagai Penghasil Daging dalam Menunjang Swasembada Daging, di Kabupaten Pasaman Timur Sumatera Barat

Arfa`i ., E Heryanto, Y S Nur

Abstract


Penelitian ini dilaksanakan di Kabupaten Pasaman Timur Sumatera Barat dengan tujuan untuk: (a) menganalisis penyebaran wilayah sentra (pola ruang) ternak kerbau; (b) menganalisis penyebaran wilayah pengembangan (struktur ruang) usaha ternak kerbau di kabupaten Pasaman Timur dimasa datang; dan (c) menganalisis manajemen pemeliharaan usaha ternak kerbau di wilayah sentra. Penelitian dilakukan dalam dua tahap analisis; tahap pertama untuk menganalisis penyebaran wilayah sentra dan wilayah pengembangan usaha ternak kerbau di kabupaten Pasaman Timur, menggunakan data sekunder. Penelitian pada tahap dua menggunakan metode survei dan observasi pada wilayah sentra usaha ternak kerbau untuk menganalisis manajemen pemeliharaan, menggunakan kuesioner. Hasil penelitian menunjukkan bahwa wilayah sentra usaha ternak kerbau di Kabupaten Pasaman Timur terdiri dari Kabupaten Rao Utara, Tigo Nagari, dan Kecamatan Bonjol. Wilayah pengembangan usaha ternak kerbau dimasa datang terdiri dari Kecamatan Panti, Duo Koto, Rao Selatan, dan Kecamatan Rao. Bibit ternak kerbau yang dipelihara berupa kerbau rawa; pakan yang diberikan rumput lapangan, dan hanya sebagian kecil peternak yang memberikan konsentrat; sistem pemeliharaan ternak secara semi intensif; pencegahan/pengobatan penyakit dilakukan melalui sanitasi kandang dan lingkungan; sebagian besar pemasaran ternak kerbau masih melalui pedagang pengumpul.

Keywords


Tata Ruang; Pengembangan Ternak Kerbau; Kabupaten Pasaman Timur

References


Abubakar, Handiwirawan E. 2012. Kebijakan pembibitan ternak kerbau. Lokakarya Nasional Pembibitan Kerbau. Pengembangan usaha pembibitan kerbau melalui pemanfaatan keunggulan daya adaptasi dan kesesuaian inovasi teknologi dalam mensukseskan swasembada daging nasional. Prosiding Seminar dan Lokakarya Nasional Kerbau. Samarinda, 21-22 Juni 2011. Dinas Peternakan Provinsi Kalimantan Timur, Dinas Peternakan Kotamadya Samarinda, Direktorat Perbibitan Direktorat Jenderal Peternakan dan Kesehatan Hewan dan Puslitbang Peternakan. Bogor. hlm. 159-164.

Arfa’i. 2009. Potensi dan strategi pengembangan usaha sapi potong di Kabupaten Lima Puluh Kota Sumatera Barat. [Disertasi]. Bogor (Indonesia): Institut Pertanian Bogor.

BPS Pasaman Timur. 2015. Pasaman Timur dalam Angka. Badan Pusat Statistik Kabupaten Pasaman Timur, Lubuk Sikaping.

Disnak Tk. I Provinsi Sumatera Barat, 2015. Data Base Peternakan Provinsi Sumatera Barat 2009-2014. Dinas Peternakan Provinsi Sumatera Barat, Padang.

Ditjennak dan Keswan. 2014. Pedoman Pencapaian Swasembada Daging Sapi dan Kerbau (PSDSK). Jakarta (Indonesia): Direktorat Jenderal Peternakan dan Kesehatan Hewan.

Dudi C, Sumantri H, Martojo, A. Anang. 2012. Kajian pola pemuliaan kerbau lokal yang berkelanjutan dalam mendukung kecukupan daging nasional. J Ilmu Ternak. 12:11-19.

Haryanto B. 2004. Sistem Integrasi Padi Ternak dan Ternak Sapi (SIPT) dalam Program P3T [abstrak]. Dalam: Seminar Pekan Padi Nasional, Balai Penelitian Tanaman Padi, Sukamandi, 15-19 Juli 2004.

Siregar SB. 2005. Penggemukan Sapi Potong. Jakarta (Indonesia): Penebar Swadaya.

Suhubdy. 2007. Strategi penyediaan pakan untuk pengembangan usaha ternak kerbau. Jurnal. Pusat Kajian Sistem Produksi Ternak Gembala dan Padang Penggembalaan Kawasan Tropis Fakultas Peternakan Universitas Mataram, Mataram.

Susilorini TE, Sawitri ME, Muharlien. 2007. Budi daya ternak potensial. Jakarta (Indonesia): Penerbit Penebar Swadaya.

Winarso B, Basuno E. 2013. Pengembangan pola integrasi tanaman-ternak merupakan bagian upaya mendukung usaha pembibitan sapi potong dalam negeri. Forum Penelit Agro Ekon. 31:151-169.




DOI: http://dx.doi.org/10.14334/Pros.Semnas.TPV-2017-p.258-267

Refbacks

  • There are currently no refbacks.



PUSAT PENELITIAN DAN PENGEMBANGAN PETERNAKAN
Jl. Raya Pajajaran Kav E59 Bogor 16151 Jawa Barat, Indonesia
Telepon: (+62) 251 8322185, (+62) 251 8328383 e-Mail: medpub329@gmail.com
Website: http://peternakan.litbang.pertanian.go.id