Marjin Pemasaran Ternak Kerbau di Pasar Hewan Bolu Kabupaten Toraja Utara

Isbandi ., Soeharsono ., S Rusdiana

Abstract


Penelitian untuk mengetahui besarnya marjin pemasaran ternak kerbau telah dilakukan di Pasar Hewan Bolu, Kelurahan Tallunglipu Matallo, Kecamatan Tallunglipu, Kabupaten Toraja Utara, pada bulan Februari tahun 2017. Data dikumpulkan melalui metode survei lapang dan wawancara langsung. Responden terdiri dari 25 orang pedagang kerbau, terdiri dari 12 orang pedagang skala besar, delapan orang pedagang skala kecil dan lima pedagang ternak titipan. Informasi dan data yang dikumpulkan meliputi jumlah ternak kerbau di pasar hewan, harga beli dan harga jual. Data sekunder dan primer diperoleh dari berbagai hasil penelitian lapang dan dari dinas peternakan setempat. Data yang terkumpul dianalisis secara deskriptif dan kuantitatif.  Hasil penelitian menunjukkan bahwa tidak semua ternak kerbau yang dibawa ke pasar akan laku pada hari pasar tersebut. Oleh karena itu, muncul pelaku pasar yakni pedagang titipan, yang mempunyai tugas memelihara dan berfungsi sebagai pedagang perantara dan mendapatkan bagian sebesar 2,5% dari harga jual. Marjin pemasaran pedagang pengumpul pada kondisi ternak yang dibawa dapat terjual pada hari pasar itu juga sebesar 8-10% dari harga awal pembelian.

Keywords


Pasar Hewan; Kerbau; Pedagang Ternak; Margin Pemasaran

References


Abubakar R. 2002. Ekonomi pemasaran, proyek dan pengadaan buku ekonomi. Jakarta (Indonesia): PT Sumber Bahagia.

Disnak Kabupaten Toraja Utara. 2012. Laporan tahunan Dinas Peternakan Kabupaten Toraja Utara tahun 2012. Rantepao (Indonesia): Dinas Peternakan Kabupaten Toraja Utara.

Disnak Provinsi Sulawesi Selatan. 2013. Populasi ternak kerbau di Provinsi Sulawesi Selatan tahun 2013. Makassar (Indonesia): Dinas Peternakan Provinsi Sulawesi Selatan.

Distannak Kabupaten Toraja Utara. 2016. Pewilayahan di Kabupaten Tana Toraja, Statistik Pertaian, dalam angka sementara 2015. Rantepao (Indonesia): Dinas Pertanian dan Peternakan Kabupaten Toraja Utara.

Elizabeth R, Rusdiana S, Romjali E. 2013. Marjin pemasaran ternak ruminasia (kambing) dalam pemenuhan kebutuhan konsumen: Analisis ekonomi. Dalam: Djoko M, Harisdudin, Danar P, Adi MPN, Rahayu, Widiyanto, Rysca I, Yuli Y, Setya HB, penyunting. Prosiding Seminar Nasional. Surakarta (Indonesia): Program Studi Agribisnis, Fakultas Pertanian, Universitas Sebelas Maret. Hlm. 331-337.

Elizabeth R, Rusdiana S. 2011. Analisis ekonomi pendapatan usaha domba mendukung kesejahteraan petani. Dalam: Mimin M, Nandang S, Marsetio, Nana S, Bambang N, Muhamad D, Edy S, Agus N, Ikin S, Imas SS, Indira LK, penyunting. Prosiding Seminar Nasional Peternakan Berkelanjutan III. Bandung, 2-3 November 2011. Bandung (Indonesia): Fakultas Peternakan, Universitas Padjadjaran. hlm. 245-252.

Emhar A, Aji JMM, Agustina T. 2014. Analisis rantai pasokan (supply chain) daging di Kabupaten Jember. J Berkah Ilmiah Pertanian. 2:53-61.

Kotler, Amstrong. 1992. Manajemen pemasaran analisis perencanaan implementasi dan pengendalian. Edisi kedelapan. Jakarta (Indonesia): Salemba Empat.

Kusnadi U. 2011. Nilai ekonomi tataniaga kerbau dari Kabupaten Padeglang dan Kabupaten Lebak Provinsi Banten. Dalam: Prasetyo LH, Damayanti R, Iskandar S, Herawati T, Priyanto D, Puastuti P, Anggraeni A, Tarigan S, Wardhana AH, Dharmayanti NLPI, penyunting. Teknologi Peternakan dan Veteriner untuk Peningkatan Produksi dan Antisipatif terhadap Dampak Perubahan Iklim. Prosiding Seminar Nasional Teknologi Peternakan dan Veteriner. Bogor, 7-8 Juni 2011. Bogor (Indonesia): Puslitbangnak. hlm. 217-226.

Panggau N. 2014. Perubahan harga jual ternak kerbau pada masa tunggu oleh pelaku pemasaran di Pasar Hewan Bolu Kecamatan Tallanglipu Kabupaten Toraja Utara. Makassar (Indonesia): Fakultas Peternakan, Universitas Hasanudin.

Saleh IM, Sirajuddin SN, Abdullah A, Aminawar M. 2012. Pengaruh populasi dan tingkat pemotongan terhadap pengembangan agribisnis ternak kerbau di Kabupaten Toraja Utara. Dalam: Prosiding Seminar Nasional Pengembangan Agribisnis Peternakan Menuju Swasembada Protein Hewani. Purwokerto (Indonesia): Universitas Jenderal Soedirman. hlm. 223.

Sariubang M, Qomariyah R, Kristanto L. 2010. Peran ternak kerbau dalam masyarakat adat Toraja di Sulawesi Selatan. Dalam: Prasetyo LH, Natalia L, Iskandar S, Puastuti P, Herawati T, Nurhayati, Anggraeni A, Damayanti R, Dharmayanti NLPI, Estuningsih SE, penyunting. Teknologi Peternakan dan Veteriner Ramah Lingkungan dalam Mendukung Program Swasembada Daging dan Peningkatan Ketahanan Pangan. Prosiding Seminar Nasional Teknologi Peternakan dan Veteriner. Bogor, 3-4 Agustus 2010. Bogor (Indonesia): Puslitbangnak.

Soekartawi. 1995. Manajemen pemasaran hasil pertanian, teori dan aplikasinya. Jakarta (Indonesia): CV Rajawali.

Wibowo B, Rusdiana S, Adiati U. 2016. Pemasaran ternak domba di Pasar Hewan Palasari Kabupaten Indramayu, Jawa Barat. Agroekonomika. 5:85-93.

Yulius NA. 2012. Penentuan harga jual kerbau belang berdasarkan karakteristik di Pasar Hewan Bolu kecamatan Tallanglipu Kabupaten Toraja Utara. Makassar (Indonesia): Fakultas Peternakan, Universitas Hasanudin.




DOI: http://dx.doi.org/10.14334/Pros.Semnas.TPV-2017-p.220-228

Refbacks

  • There are currently no refbacks.



PUSAT PENELITIAN DAN PENGEMBANGAN PETERNAKAN
Jl. Raya Pajajaran Kav E59 Bogor 16151 Jawa Barat, Indonesia
Telepon: (+62) 251 8322185, (+62) 251 8328383 e-Mail: medpub329@gmail.com
Website: http://peternakan.litbang.pertanian.go.id