Menggerakkan Produksi Ternak Kambing Domba Berorientasi Ekspor

YG Noor, R Hidayat

Abstract


Domba dan kambing merupakan jenis ternak ruminansia kecil yang mempunyai nilai ekonomis tinggi dan sangat disukai oleh masyarakat. Konsumsi produk domba dan kambing berupa daging, susu dan kulit berikut hasil ikutannya semakin meningkat setiap tahun. Selain pasar domestik, pasar internasional juga masih sangat terbuka bagi pemasaran ternak domba dan kambing. Hal ini merupakan peluang yang sangat potensial bagi peternak domba dan kambing Indonesia dalam peningkatan nilai manfaat dari ternak domba kambing tersebut. Namun demikian, sampai saat ini ternak domba dan kambing belum mampu memberikan nilai manfaat yang maksimal karena pengelolaannya sebagian besar masih bersifat subsistem yang belum memperhatikan ketentuan teknis yang semestinya. Perlu adanya upaya penataan sistem produksi domba kambing yang mengarah kepada komersialisasi produk yang terintegrasi antara sumber bibit, pakan, sumberdaya lahan, tata kelola, sistem penjaminan mutu, regulasi pemerintah pemasaran dan promosi. Dengan adanya penataan secara menyeluruh diharapkan ternak domba dan kambing dapat dijadikan komoditas unggulan yang mempunyai daya saing yang tinggi dan dapat mengambil porsi yang cukup besar di pasar internasional dengan menjamin produktivitas, kualitas dan kontinyuitas produk.


Keywords


Domba; Kambing; Produksi; Ekspor

References


Bandiati S, Rasyad SD, Kuswaryan S, Kilgour AJ, Soeparwoto. 2010. Perbaikan mutu genetik bobot badan domba priangan melalui aplikasi model introduksi pejantan (sire model) dan bioteknologi reproduksi penyerempakan berahi (estrus sincronization) dilanjutkan dengan inseminasi buatan dalam pemeliharaan grazing system di daerah Pantura Jawa Barat. Laporan Penelitian. Sumedang (Indonesia): Fakultas Peternakan, Universitas Padjadjaran.

Ditjen PKH. 2015. Statistik Peternakan dan Kesehatan Hewan. Jakarta (Indonesia): Direktorat Jenderal Peternakan dan Kesehatan Hewan, Kementerian Pertanian.

Ditjen PKH .2016. Statistik Peternakan dan Kesehatan Hewan. Jakarta (Indonesia): Direktorat Jenderal Peternakan dan Kesehatan Hewan, Kementerian Pertanian.

Diwyanto K. 1982. Pengamatan penotype domba priangan serta hubungan antara beberapa ukuran tubuh dengan bobot badan [Disertasi]. [Bogor (Indonesia)]: Institut Pertanian Bogor.

http://area-peternakan.blogspot.co.id/2011/02/domba-dorper-memang-domba-pedaging.html. Diunduh 14 Juli 2017

http://area-peternakan.blogspot.co.id/2011/01/gambaran-umum-domba-dorper.html. Diunduh 14 Juli 2017

Mathius IW, Yulistiani D, Puastuti W. 2001. Pengaruh substitusi protein kasar dalam bentuk bungkil kedelai terproteksi terhadap penampilan domba bunting dan laktasi. JITV. 7:22-29.

Nuraliah S, Purnomoadi A, Nuswantara LK. 2014. Pengaruh protein bungkil kedelai terproteksi tanin dalam pakan komplit terhadap produktivitas domba ekor tipis. Proseding Seminar Nasional Peternakan Berkelanjutan 6. Bandung, November 2014. Bandung (Indonesia): Fakultas Peternakan, Universitas Padjadjaran.

Nurachma S. 2003. Implementasi beberapa model kandang dan pola pemberian pakan terhadap produktivitas domba di kawasan Cipamatuh dalam kaitannya dengan efisiensi usaha peternakan. Laporan hasil penelitian. Lembang (Indonesia): BPPTP Jawa Barat.

Peraturan Menteri pertanian Nomor: 51/Permentan/OT.140/9/2011 tentang Rekomendasi Nomor: 51/Permentan/OT.140/9/2011 tentang Rekomendasi Persetujuan Pemasukan dan Pengeluaran Benih dan atau Bibit Ternak ke Dalam dan ke Luar Wilayah Negara Republik Indonesia.

Peraturan Menteri Pertanian Nomor 52/Permentan/OT.140/9/2011 tentang Rekomendasi Persetujuan Pemasukan dan Pengeluaran Ternak ke Dalam dan ke Luar Wilayah Negara Republik Indonesia.

Sudarmono AS, Sugeng YB. 2005. Beternak domba. Jakarta (Indonesia): Penebar Swadaya.




DOI: http://dx.doi.org/10.14334/Pros.Semnas.TPV-2017-p.37-47

Refbacks

  • There are currently no refbacks.



PUSAT PENELITIAN DAN PENGEMBANGAN PETERNAKAN
Jl. Raya Pajajaran Kav E59 Bogor 16151 Jawa Barat, Indonesia
Telepon: (+62) 251 8322185, (+62) 251 8328383 e-Mail: medpub329@gmail.com
Website: http://peternakan.litbang.pertanian.go.id